Sistem Pendidikan

SISTEM PENDIDIKAN


Setiap anak bersifat unik, tidak ada dua anak yang sama sekalipun kembar siam. Setiap anak terlahir dengan potensi yang berbeda-beda, memiliki kelebihan, bakat dan minat sendiri. Ada anak yang berbakat menyanyi, ada pula yang berbakat menari, matematika, bahasa, dan ada pula yang berbakat olah raga. Kenyataan menunjukkan bahwa setiap anak tidak sama, ada yang sangat cerdas, ada yang biasa saja, dan ada yang kurang cerdas. Perilaku anak juga beragam, demikian pula ragam belajarnya.
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Oleh karena itu konsep Raudlatul Jannah Preschool berusaha memahami kebutuhan khusus dan kebutuhan individual anak, Raudlatul Jannah Preschool diarahkan untuk memfasilitasi setiap anak dengan lingkungan belajar dan bimbingan belajar yang tepat agar anak dapat berkembang sesuai tugas perkembangannya. Anak usia dini belajar dengan caranya sendiri. Bermain merupakan cara belajar yang sangat penting bagi anak usia dini, belajar melalui bermain.
Konsep tersebut di atas, penerapannya dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar menggunakan dua bahasa (Bilingual), yaitu bahasa indonesia dan bahasa inggris.
Sistem pendidikan yang diterapkan di Raudlatul Jannah Preschool menggunakan Sistem Pendidikan Visi Semesta, sistem pendidikan dengan perspektif internasional dengan tetap menggunakan Standar PAUD yang mengedepankan Local Wisdom. Sistem Pendidikan di Raudlatul Jannah Preschool terbakukan dengan nama Raudlatul Jannah Education System, dalam Raudlatul Jannah Education System terdapat :

  1. 1. Spiritual Paradigm, sebagai ruh dari semua pembelajaran, meliputi seluruh aspek pembelajaran sehingga anak menyadari benar bahwa Allah SWT adalah bagian terpenting dalam hidup.
  2. 2. Prinsip Multiple Intelligence, mencermati serta memahami potensi berbagai macam kecerdasan pada diri anak dalam proses pembelajaran.
  3. 3. Prinsip Holistic Learning, menerapkan system pembelajaran yang menyeluruh, meliputi aspek intelektual, emosional dan spiritual.
  4. 4. Curriculer Framework, mengembangkan potensi anak mulai dari pengetahuan (Knowledge), Pemahaman (Understanding), Ketrampilan (Skill) sampai nilai-nilai (Values) yang dicapai.
  5. 5. Three Ways Curriculum, menggunakan tiga kurikulum pembelajaran dalam proses KBM, yaitu : Standar PAUD tahun 2009, Kurikulum Khas Raudlatul Jannah dan Kurikulum Keluarga dengan tetap melibatkan orang tua dalam kurikulum pendidikan di rumah.



Dalam penerapan Raudlatul Jannah Education System, Raudlatul Jannah Preschool mengintegrasikan dengan pendekatan :

  1. 1. Tematik, ada enam tema besar selama proses KBM dalam satu tahun ajaran, yaitu :
  2. a. Ourselves, anak diajak untuk mengenali diri dan melakukan segala kebaikan dari diri sendiri
  3. b. Environment, anak diajak untuk mempunyai kepedulian menjaga lingkungan
  4. c. Technology, anak diajak untuk menggunakan teknologi secara bijaksana dan menstimulasi penciptaan teknologi barun yang bermanfaat
  5. d. Entrepreneurship, anak diajak untuk berfikir kreatif dan inovatif untuk menghadapi tantangan yang ada dan tetap gigih memperjuangkannya.
  6. e. Changing, anak belajar untuk aware terhadap perubahan-perubahan yang terjadi, tetap peduli dalam situasi perubahan sesulit apapun serta mempunyai semangat dan disiplin kuat dalam menghadapi perubahan yang terjadi.
  7. f. Manage The World, dengan bekal karakter dan pengetahuan yang dimiliki, diharapkan dapat mengatur segala sesuatu dengan cerdas, cermat dan tetap bijaksana.
  1. 2. Sentra dengan Moving Class, ada delapan sentra, satu sentra satu ruangan kelas yang dipergunakan dengan system moving / berpindah dari satu ruangan ke ruangan yang lain sesuai dengan materi kegiatan. Delapan sentra tersebut adalah :
  2. a. Sentra Imtak, di sentra ini terdapat program yang bertujuan untuk menanamkan sikap dasar , membentuk perilaku serta meletakkan dasar-dasar kepribadian pada anak. Pembentukkan perilaku / sikap / dasar kepribadian meliputi : Aqidah, Akhlak, Ibadah,Emosi, Sosialisasi,Kemandirian dan Kedisiplinan.
  3. b. Sentra Persiapan, di sentra ini terdapat di harapkan siswa mempunyai kemampuan menggunakan bahasa untuk pemahaman bahasa pasif & dapat berkomunikasi secara efektif yg bermanfaat untuk berfikir dan belajar anak, dapat memahami suatu pertanyaan sederhana, menjawab pertanyaan secara sedehana serta mengungkapkan pemikiran sederhana dengan bahasa lisan.
  4. c. Sentra Bahan Alam, di sentra ini siswa diajarkan untuk dapat berfikir logis , kritis, memberi alasan, memecahkan masalah & menemukan hubungan sebab-akibat dengan tingkat kesulitan yang sangat sederhana, bermain konsep ilmu pengetahuan sains sederhana.
  5. d. Explore Class, di sentra ini diharapkan siswa mampu melakukan aktivitas fisik secara terkoordinasi dalam rangka kelenturan, dan sebagai persipan untuk menulis, keseimbangan, kelincahan,dan melatih keberanian
  6. e. Sentra Seni , di sentra ini diharapkan siswa mampu mengekspresikan diri dan berkreasi dengan berbagai gagasan imajinasi dan meggunakan berbagai media / bahan menjadi suatu karya seni.


  1. f. Multimedia Class, di sentra ini siswa dapat mengenal, memahami dan mampu mengoperasionalkan berbagai program produk teknologi.
  2. g. Sentra Balok, di sentra ini siswa dapat bermain balok dengan berbagai macam bentuk dan ukuran
  3. h. Sentra Bermain Peran, di sentra ini siswa dapat mengembangkan imajinasinya dalam bermain peran makro dan mikro.

Sistem pendidikan di Raudlatul Jannah Preschool diharapkan menjadi sistem yang sinergis dan harmonis, yaitu terjadi sinkronisasi antara pendidikkan di sekolah dengan di rumah.

 

WAKTU BELAJAR

Taman Pengasuhan Anak (TPA), 5 kali pertemuan dalam satu minggu :

Senin – Jumat    : pukul 07.00 – 16.00

Toddler Class, 3 kali pertemuan dalam satu minggu :

Senin / Selasa    : Pukul 08.00 – 10.00

Rabu / Kamis      : Pukul 08.00 – 10.00

Jumat, TC 1       : Pukul 08.00 – 09.00

           TC 2       : Pukul 09.15 – 10.15

Play Group, 3 kali pertemuan dalam satu minggu :

Senin / Selasa    : Pukul 07.30 – 10.30

Rabu / Kamis     : Pukul 07.30 – 10.30

Jumat, PG 1 & 2  : Pukul 07.30 – 09.00

           PG 3 & 4  : Pukul 09.15 – 10.45

Taman Kanak-kanak, 5 kali pertemuan dalam satu minggu :

Senin- Kamis    : Pukul 07.15 – 11.30

Jumat               : Pukul 07.15 – 10.30