My Journal SD RJ
Share

My Journal SD RJ

Kondisi pandemi telah berangsung hampir dua tahun lebih. Hal tersebut berdampak pada banyak aspek. Salah satunya pada pola interaksi sosial yang terjadi di masyarakat. Menjaga jarak dan tidak berkerumun menjadi sebuah hal yang harus dilakukan agar dapat mengendalikan penyebaran virus corona.

Anak-anak pun terkungkung berada di lingkungan yang terbatas. Bermain bersama teman yang biasanya dilakukan sebelum pandemi pun menjadi hal yang tidak pernah dilakukan saat ini. Anak-anak banyak berdiam diri di dalam rumah. Tak jarang mereka menghabiskan waktunya untuk bercengkrama dengan gawainya. Kehadiran orang di sekitar terkadang tidak dihiraukan.

Melalui program My Journal ini, SDI Raudlatul Jannah berupaya untuk membangun karakter anak-anak agar memiliki kepedulian terhadap sekitarnya. Berikut gambaran kegiatan My Journal yang berlangsung pada hari Senin s.d. Jumat.

Hari Senin: Melakukan komunikasi dengan orang yang lebih tua

Untuk menumbuhkan rasa hormat dan kepedulian anak pada orangtua harus dibangun sejak dini. Pada hari Senin, anak diminta untuk melakukan komunikasi dengan orang yang lebih tua misalnya ayah, ibu,  kakek, nenek, paman, bibi, kakak, atau kerabat lainnya yang usianya lebih tua. Komunikasi dapat dilakukan secara langsung jika orang tua yang dimaksud tinggal serumah dengan siswa. Namun juga dapat dilakukan melalui sambungan telepon jika orang tua tersebut tinggal tidak serumah dengan siswa. Harapannya anak menjalin kedekatan dengan orang yang lebih tua sebagai wujud bakti kepada orang yang lebih tua.

Hari Selasa: Membantu pekerjaan di rumah

Melakukan pekerjaan di rumah merupakan tugas semua anggota keluarga. Anggota keluarga bersinergi dan berkolaborasi untuk bersama-sama mengerjakan pekerjaan rumah. Dalam rangka memberikan pembiasaan pada anak agar memiliki kepekaan terhadap hal-hal yang dapat dikerjakan di rumah, maka siswa membantu pekerjaan rumah. Misanya menyapu, mencuci piring, mengebalikan sesuatu pada tempatnya, dan masih banyak lagi peluang kebaikan yang dapat dilakkukan di rumah. Sinergi yang kuat antar keluarga dalam menjalankan pekerjaan rumah akan semakin meningkatkan kelekatan antar anggota keluarga.

Hari Rabu: Melakukan pelayanan pada anggota keluarga

Jalan lain untuk membahagiakan keluarga adalah dengan melakukan pelayanan. Seorang anak tidak hanya meminta untuk dilayani, namun juga belajar memberikan pelayanan pada salah satu anggota keluarga. Misalnya mengambilkan minum untuk orangtua, menjaga adik saat bermain, memijit kaki ayah, dan masih banyak lainnya. Dengan melakukan pelayanan, harapannya anak akan tumbuh menjadi pribadi yang memiliki empati pada orang lain.

Hari Kamis: Melakukan kebaikan ypada lingkungan

Sebagai makhluk sosial, tentunya manusia tidak terlepas dari lingkungan. Kebaikan yang dapat dilakukan siswa di lingkungan sekitarnya misalnya, menyapu halaman, mencabuti rumput, membuang sampah yang terlihat berserakan, menyiram tanaman, menyapa tetangga, dan lain sebegainya. Dengan demikian, harapannya anak akan memiliki kepekaan sosial pada lingkungannya.

Hari Jumat : Menulis cerita yang tentang kebaikan yang dilakukan oleh temannya

Pada hari Senin hingga Kamis, anak-anak diberi tantangan untuk melakukan peluang kebaikan. Pada hari Jumat, seorang anak juga diminta untuk menghargai kebaikan yang telah dilakukan oleh temannya dan anak akan termotivasi untuk melakukan kebaikan pada orang lain. Anak diasah kemampuannya untuk melihat sisi baik dari seorang teman. Misalnya, teman telah mengajak bermain, teman telah menyapa terlebih dahulu, membantu menjelaskn suatu hal, dan masih banyak lainnya.